Sinahu Nulis Tentang Kami

Saturday, October 3, 2009

Hari Penting di Bulan Oktober Judule

Bulan Oktober adalah bulan ke 10 dalam hitungan kalender masehi. Di bulan oktober ada tanggal-tanggal penting yang telah kita lewati dan ada pula tanggal-tanggal penting yang akan kita lewati bersama. Diantara tanggal penting yang telah terlewati adalah hari kesaktian pancasila yang diperingati pada tanggal 1 oktober.

Hari kesaktian pancasila

Sekilas tentang hari kesaktian pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober adalah hari dimana kita memperingati dilumpuhkannya G30S PKI oleh RPKAD (Resimen Para Komando Angkatan Darat).

Sebelumnya gerombolan g-30S/PKI membunuh secara tidak manusiawi 6 orang jenderal dan seorang perwira pertama AD (Achmad Yani, DI Pandjaitan, Pierre Tendean, S Parman , MT Haryono , Suprapto dan Sutoyo)pada tanggal 1 Oktober 1965. Ade Irma Nasution (putri Jenderal Abdul Haris Nasution) juga tewas akibat kekejaman PKI kala itu.

Bentuk peringatan hari kesaktian pancasila biasanya dilakukan dengan cara upacara di area Monumen Lubang Buaya.

Seperti yang dilaporkan republika online, kemaren pada tanggal 1 Oktober 2009 Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di area Monumen Lubang Buaya, Jakarta, Kamis (1/10).

Upacara tersebut dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, perwakilan negara sahabat dan sekitar 500 anggota DPR periode 2009-2014.

Hadir pula keluarga tujuh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa pemberontakan PKI pada 34 tahun silam. (sumber: http://www.republika.co.id/berita/79133/Wapres_Pimpin_Hari_Kesaktian_Pancasila)

Kembali ke hari penting di bulan oktober

Berikut daftar hari/tanggal penting di bulan oktober:

5 Oktober : Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

9 Oktober : Hari Surat Menyurat Internasional

10 Oktober : Hari Kesehatan Jiwa

15 Oktober : Hari Hak Asasi Binatang

16 Oktober : Hari Parlemen Indonesia

16 Oktober : Hari Pangan Sedunia

24 Oktober : Hari Dokter Nasional

24 Oktober : Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

27 Oktober : Hari Penerbangan Nasional

27 Oktober : Hari Listrik Nasional

27 Oktober : Hari Blogger Nasional

28 Oktober : Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober : Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

30 Oktober : Hari Keuangan

Ada 20 tanggal penting yang akan kita lewati. Itu artinya jika dirata-rata setiap 2 hari sekali akan ada hari penting di bulan oktober.

Artikel terkait yang mungkin anda sukai



1 comment: