Sinahu Nulis Tentang Kami

Sunday, October 4, 2009

Lingkungan Hidup Judule

Kita sering mendengar istilah lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebetulnya apa sih definisi lingkungan hidup yang sebenarnya. Menurut definisi wikipedia, lingkungan hidup bisa juga disebut sebagai lingkungan.

lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.


Jika kita mengacu pada definisi tersebut, maka bagian dari lingkungan hidup adalah lingkungan biotik dan abiotik. Masih ingatkah anda apa itu lingkungan biotik dan abiotik? Lingkungan biotik mencakup segala sesuatu yang hidup dan lingkungan abiotik mencakup segala sesuatu yang tak hidup.

Lebih spesifik lagi, lingkungan biotik terdiri dari manusia, binatang dan tumbuhan. Sedangkan lingkungan abiotik terdiri dari air, tanah, bebatuan, udara, cahaya, pH, suhu dan iklim.

Lingkungan biotik dan abiotik yang menjadi bagian utama dari lingkungan hidup memiliki hubungan ketergantungan yang sangat erat sekali. Lingkungan biotik memiliki kecenderungan lebih membutuhkan kehadiran lingkungan abiotik untuk kelangsungan hidupnya dari pada lingkungan abiotik.

Sebagai contoh, manusia membutuhkan tanah sebagai tempat untuk mendirikan bangunan sebagai tempat tinggal atau tempat usaha. Manusia juga membutuhkan air untuk keperluan kebutuhan hidup sehari-hari (minum, mandi, mencuci, dll). Dan masih banyak lagi contoh hubungan ketergantungan lingkungan biotik terhadap lingkungan abiotik.

Artikel terkait yang mungkin anda sukai



7 comments:

  1. Sebagai bukti peduli kita terhadap linkungan yang semakin menuju ke dalam fase degradasi, PetaMasaDepan Dev (PMD). mengajak para Blogger Indonesia sekalian untuk mengkampanyekan lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen nyanyi Heal The world nya Michael Jackson, hehehe.....

    Mari Jaga Lingkungan kita bersama :)

    ReplyDelete
  3. @Otak Cutbray: gw suka bgt lagu itu.

    @blog buat bloggers: makasih sobat

    @Aneka Tips: linkungan hidup memang harus kita jaga

    ReplyDelete
  4. Yg penting sekarang gimana kita menjaga lingkungan. Biar anak cucu besok bisa jg ikut menikmati...hehehehe....*sok bijak*

    ReplyDelete
  5. @Brandal Surga: betul banget kawan, itu yang seharusnya kita lakukan

    ReplyDelete