Sinahu Nulis Tentang Kami

Tuesday, August 18, 2009

Air Sumur Judule

Air merupakan materi yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Tingkat kebutuhan air hampir sama pentingnya dengan oksigen, tanpa air manusia akan mati. Air sangat dibutuhkan manusia untuk keperluan memasak, minum, mandi, dan lain-lain.

Bisakah anda hidup tanpa air? Saya yakin, semua pasti menjawab 'TIDAK'. Anda pasti tidak dapat membayangkan bagaimana jika anda hidup tanpa air. Jika anda hidup tanpa air maka anda tidak akan memasak, minum, mandi, mencuci dan lain-lain.

Tidak semua air dibutuhkan manusia, ada juga air yang tidak dibutuhkan misalnya air limbah. Air yang dibutuhkan manusia untuk keperluan sehari-hari (memasak, minum dan mencuci) adalah air bersih. Oleh karena itu hampir setiap rumah tangga memiliki fasilitas penyedia air bersih seperti pompa air atau sumur.

Mungkin di kota-kota besar sudah jarang ditemukan sumur. Sumur lebih banyak dijumpai di pedesaan. Bagi masyarakat pedesaan seperti saya, keberadaan sumur masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Sumur terbuat dari pipa beton berdiameter 1 - 1,5 meter yang ditancapkan ke dalam tanah sehingga membentuk lubang dengan panjang sekitar 10 - 12 meter dari permukaan tanah. Di dalam sumur terdapat air tanah yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari (memasak, minum dan mencuci).

Pada musim kemarau, masyarakat pedaan sulit mendapatkan air bersih karena persediaan air yang ada di sumur mereka sudah berkurang. Berbeda di saat musim penghujan, air sumur akan melimpah ruah. Ketika masyarakat pedesaan sulit mendapatkan air bersih maka mereka akan kesulitan untuk memasak, mencuci, dan mandi.

Bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi masalah sulitnya memperoleh air bersih di musim kemarau, masyarakat pedesaan biasanya akan mencari sumber air yang melimpah ruah di daerah sekitarnya. Setiap satu bulan sekali , pemerintah daerah setempat biasanya mengadakan program air bersih dengan cara mengirim mobil tanki air ke pedesaan-pedesaan yang sulit memperoleh air bersih.

Artikel terkait yang mungkin anda sukai



12 comments:

  1. nice post sobat, mudah2an dengan pemeritahan yang baru nanti, menjadi perhatian para wakil rakyat

    ReplyDelete
  2. ayo..... komentari postingan diatas.

    ReplyDelete
  3. air,,, air,,,, air.. panas banget nih

    ReplyDelete
  4. @central004

    iya nih. makasih ya udah mampir

    ReplyDelete
  5. @Stenly:

    makasih sob. met menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya

    ReplyDelete
  6. tapi kasihan juga liat nenek2 yg rebutan mas


    selamat puasa ya, maaf baru bisa mampir :)

    ReplyDelete
  7. kalo di tempat saya hampir setiap rumah mempunyai sumur, di tempat saya juga ada sumber mata air yang bersih, tapi kadang cara pembagiannya yang masih kurang adil.
    tapi saya sangat bersyukur tinggal di kampung yang tidak kekurangan air bersih.
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    ReplyDelete
  8. ditunggu postingan selanjutnya mas!

    ReplyDelete
  9. berbahagianya mereka yang berkecukupan air..

    ReplyDelete